Sunday, March 16, 2014

Mengenal Contoh Grafik

Ada banyak contoh grafik yang bisa digunakan sebagai bentuk penyajian data yang kita hasilkan. Dengan grafik, informasi yang kita sampaikan tentunya akan lebih menarik dan informatif. Terlebih lagi bentuk visualnya bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Dalam penyajian data,grafk-grafik yang umum dipakai yaitu grafik batang (bar chart), grafik garis(line chart), grafik lingkaran (pie chart), grafik berbentuk gambar (pictogram), grafik berupa peta (cartogram). Masing-masing grafik memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Grafik garis (line chart)


 
Grafik garis merupakan garis yang menggambarkan perkembangan (trend) suatu karakteritik objek atau variabel dari waktu ke waktu.  Melalui grafik garis, kita bisa melihat perkembangan terhadap unit observasi kita dari waktu ke waktu.

Grafik batang (bar chart)



Grafik jenis ini tidak terlalu berbeda dengan grafik garis, dimana grafik batang ini juga menggambarkan trend dari waktu ke waktu hanya saja instrument yang digunakan disini berbentuk batang.

Grafik lingkaran (pie chart)


Grafik lingkaran merupakan grafik yang memberikan informasi yang bersifat persentase suatu data terhadap rata-ratanya.  Jadi, grafik lingkaran tidak bisa digunakan untuk melihat trend dari suatu data. Lingkaran nantinya akan terbagi menjadi beberapa bagian yang ukurannya proporsional dengan persentase dari rata-rata.

Grafik Gambar (pictogram)


Grafik Gambar merupakan grafik yang disajikan dalam bidang dua dimensi (kartesius) dimana yang digunakan dalam grafik ini adalah gambar sebagai penciri utama. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada contoh di atas.

Grafik Peta (Cartogram)



Grafik peta merupakan grafik yang memberikan informasi demografi yang berbentuk peta. Dengan grafik ini, informasi yang bersifat demografi akan lebih menarik dan mudah dimengerti. Biasanya, cartogram dilengkapi dengan skala sehingga pembaca akan lebih mudah mengerti maksud dari peta tersebut.

Sekian contoh grafik yang biasa digunakan dalam penyajian data. Semua grafik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai orang yang menyajikan data, hendaknya kita mengetahui tipe data dan tujuan dari penyajian sehingga kita bisa memilih grafik mana yang cocok sebagai bentuk dari representasi data kita.

Semoga bermanfaat


Tags:

1 Responses to “Mengenal Contoh Grafik”

Unknown said...
May 7, 2018 at 1:50 AM

Terima kasih, saya merasa sangat terbantu :) First Comment :)


Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks