Sunday, March 16, 2014

Pengertian Populasi dan Sampel


Populasi dan sampel merupakan dua hal dasar yang penting untuk dipahami dalam dunia penelitian. Terkadang orang salah mengartikan mana yang merupakan populasi dan mana yang merupakan sampel Kedua hal ini jelas berhubungan namun memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Nah disini kita akan bahasa apa pengertian sebenarnya dari sampel dan populasi.

Populasi merupakan keseluruhan dari objek yang menjadi penelitian kita. Objek penelitian disini bisa tergolong hal apapun. Baik itu manusia, hewan, tumbuhan, sikap, perilaku ataupun unsur-unsur lainnya yang menarik dan bisa diukur. Sampel merupakan bagian dari populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik dan aturan tertentu.

Banyak peneliti yang cenderung menggunakan sampel daripada populasi, hal ini tentu karena adanya kelebihan dari sampel tersebut meskipun di satu sisi juga memiliki kekurangan. Sampel mampu membuat perhitungan menjadi lebih akurat, serta tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang banyak dalam penelitian. Kekurangannya, tentu dibutuhkan ilmu dan pembelajaran khusus terkait metode penarikan sampel tersebut sehingga sampel yang terpilih mampu mewakili kondisi dari populasi yang sebenarnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut yang saya paparkan dalam bentuk penelitian fiktif.

Seorang peneliti tertarik untuk mengetahui tingkat pengeluaran mahasiswa di Universitas X. Dalam hal ini, peneliti berusaha agar penelitiannya mampu mencakup seluruh mahasiswa Universitas X yang masih terdaftar sebagai mahasiswa hingga tahun ajaran 2013. Namun tentunya, akan memakan waktu lama untuk melakukan penelitian terhadap satu per satu mahasiswa tersebut. Ditambah lagi, tentunya akan memerlukan biaya yang besar dalam penlitian jika objek yang diteliti adalah keseluruhan mahasiswa. Sehingga, peneliti tersebut mengambil sampel sejumlah mahasiswa di masing-masing tahun ajaran sehingga mampu mewakili keseluruhan mahasiswa. Sampel diambil sebaik mungkin sehingga mahasiswa yang terambil mampu mewakili populasi baik yang sebenarnya.

Nah, berdasarkan artikel di atas, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa populasi yang digunakan peneliti adalah keseluruhan mahasiswa sedangkan sampel yang diambil yaitu hanya sebagian mahasiswa yang secara representative mampu mewakili populasi.

Semoga tulisan di atas mampu memberi penjelasan terkait pengertian populasi dan sampel.




Tags:

0 Responses to “Pengertian Populasi dan Sampel”

Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks