Friday, March 14, 2014

Definisi Statistik


Ada banyak sekali definisi statistik yang diungkapkan oleh para ahli. Masing masing definisi statistic tersebut memiliki sudut pandang tersendiri dimana tentunya masing-masing definisi akan memiliki keunikan masing-masing.

Nah, berikut saya tampilkan definisi statistic menurut para ahli :

Menurut Prof.Drs.Sutrisno Hadi,MA, Statistik adalah cara untuk mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan terkait hal yang teliti dan keputusan-keputusan yang logis dari pengolahan data.

Menurut Stoel dan Torrie, Statistik adalah metode yang memberikan cara-cara untuk menilai ketidakpastian dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.

Menurut Ir.M.Iqbal hasan,MM, Statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, dimulai dari pengumpulan, pengolahan, analisis, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka. 

Semua pengertian di atas memiliki sudut pandang tersendiri dan tentunya tidak ada yang salah. Berikutnya, saya berikan definisi statistic yang saya rangkum dari Buku Statistik Teori dan Aplikasi karangan Prof.J.Supranto

Dalam arti sempit, statistic adalah ringkasan data berbentuk angka (kuantitatif). Contohnya saja, statistic kemiskinan, statistic kependudukan dll.
Sedangkan Statistik dalam arti luas yaitu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan/pengelompokkan, penyajian hingga analisis data serta cara pengambilan keputusan dan kesimpulan dengan mempertimbangkan unsur ketidakpastian berdasarkan peluang yang ada.

Salah satu definisi statistik yang menjadi rujukan bagi banyak akademisi yang diambil dari buku :Statistical Theory Research, karangan Anderson dan Bancrof yaitu :

“Statistika adalah ilmu seni pengembangan dan penerapan metode yang paling efektif sehingga kemungkinan kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif (matematika peluang)”

Definisi statistik di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Anda bisa mengambil definisi apapun selama yang menberikan definisi tersebut adalah seorang ahli dan bisa dipertanggungjawabkan.







Tags:

0 Responses to “Definisi Statistik”

Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks