Sunday, March 16, 2014

Prosedur Penelitian Dengan Menggunakan Data Statistik


Prosedur penelitian dengan menggunakan data statistik tentunya bertujuan agar penelitian yang dilakukan mampu menghasilkan data yang baik dan bermanfaat.

Secara umum,metodologi peneltitian dengan menggunakan data statistic mengenal beberapa langkah dasar sebagai berikut :

1.       Perencanaan Penelitian
Perencanaan penelitian yang baik merupakan langkah awal untuk memeroleh hasil penelitian yang baik . Segala persiapan harus dipersiapkan dengan matang. Dimulai dari latar belakang penelitian, masalah yang inging dipecahkan, metode penelitian yang digunakan, waktu penelitian, hingga berapa biaya yang mungkin akan dikeluarkan. Semua harus diperhitungkan dengan baik sehingga kendala-kendalayang mungkin akan terjadi bisa di minimalisir.

2.       Pengumpulan data atau fakta
Pengumpulan data atau fakta merupakan langkah lanjutan ketika seseorang telah melakukan segala persiapan. Data atau fakta yang dikumpulkan tentunya harus sesuai dengan objek dan tujuan penlitian kita. Dalam pengumpulannya pun, tentulah tidak sembarangan dan harus memiliki ilmu tersendiri pula. Terutama yang menggunakan sampel sebagai objek penelitiannya. Mengambil sampel bukanlah hal yang mudah dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Sampel yang diambil haruslah mampu mewakili populasi penelitian kita. Perlu dipertimbangakan juga kendala-kendala yang mungkin dihadapi saat penelitian, misalkan responden yang menolak, cuaca kurang bersahabat dll sehingga proses pengumpulan data bisa berjalan dengan lancar.

3.       Pengolahan dan penataan fakta
Setelah data dikumpulkan, data tersebut baru disebut sebagai data mentah. Data tersebut harus diolah kembali sehingga mampu menjadi data yang menghasilkan informasi yang bermanfaat. Pengolahan data mentah tersebut juga merupakan proses yang tidak mudah, Dimulai dari enrty data, deteksi outlier sehingga di akhir barulah data siap untuk disajikan dan di analisis. Karakteritik data mentah tersebut haruslah diperhatikan sebaik mungkin, karena bisa jadi ada data yang merusak hasil penelitian kita. Misalkan, ada data yang nilainya benar-benar tinggi melebihi data pada umumnya. Tentunya data seperti ini perlu mendapat perlakuan khusus.

4.       Penyajian ke dalam bentuk tabel atau grafik
Setelah data mentah tersebut diperoleh ke dalam bentuk data yang siap diolah, maka penyajian data pun sudah bisa dimulai. Salah satu metode penyajian data tersebut bisa dituangkan dalam bentuk tabel atau grafik. Tinggal disesuaikan saja, seperti apa kondisi data dan bagaimana informasi yang ingin disampaikan. Penyajian ini tentunya akan mempermudah para pembaca dalam memahami informasi dan hasil penelitian yang ingin disampaikan.

5.       Analisis dan interpretasi data
Analisis dan interpretasi merupakan langkah terakhir yang dilakukan setelah  kita memeroleh data yang siap diolah. Analisis tentunya haruslah disesuaikan dengan masalah dan tujuan penelitian. Setelah analisis dilakukan, interpretasi merupakan langkah terakhir dalam tahap penelitian. Interpretasi haruslah didasarkan analisis yang dilakukan serta didukung oleh teori dan fakta yang terjadi.


Nah, demikian sedikit prosedur penelitian dengan menggunakan data statistik. Semoga bermanfaat ya,


Tags:

0 Responses to “Prosedur Penelitian Dengan Menggunakan Data Statistik”

Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks