Saturday, March 15, 2014

Penyajian Data


Penyajian data yang baik dan benar diperlukan setelah data di proses dan diolah. Tujuannya, agar data tersebut mampu menghasilkan informasi yang mudah dimengerti oleh pengguna data, terutama oleh para pengambil keputusan. Cara penyajian data  yang lazim digunakan yaitu dengan menggunakan tabel dan grafik. Harapannya, dengan penyajian yang lebih mudah dimengerti maka informasi akan lebih mudah dicerna.

Cross Section Data

Penyajian dengan tabel



Data di atas menggambarkan penyajian data dengan menggunakan table 2 arah (two way table) dimana table tersebut menggambarkan hubungan timbal balik antara dua jenis variabel berbeda yaitu produk dan daerah distribusi. Dengan melihat table seperti di atas, kita dengan mudah akan memahami bahwa produk A didistribusikan dengan jumlah 30 buah di Jakarta dan begitu seterusnya. Kita juga bisa membandingkan produk mana saja yang distribusinya tinggi dan distribusinya rendah berdasarkan daerah distribusi.

Penyajian dengan grafik

Data cross section bisa juga ditampilkan dalam bentuk grafik batang atau bar chart. Dengan menggunakan data yang sama, berikut hasilnya.




Dengan grafik visual yang dihasilkan lebih variatif dan menarik. Serta, beberapa informasi yang kita butuhkan akan lebih mudah didapat. Misalkan,kita ingin menari nilai distribusi produk yang paling kecil. Maka kita dapat langsung melihat pada bar yang paling pendek. Ataupun sebaliknya jika kita ingin melihat distribusi produk terbesar, kita cukup melihat bar yang paling panjang. Tentunya menggunakan grafik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tabel. Terutama dari segi visual.

Time Series Data (Data Deret Waktu)

Penyajian dengan tabel



Penyajian data time series dengan mengunakan tabel tidak terlalu berbeda dengan data cross section.  Hanya saja, disini kita menggunakan variabel waktu dalam sebagai pembandingnya. Sejatinya, tujuan dari data time series yaitu melihat perkembangan suatu objek atau variabel dari waktu ke waktu. Dengan melihat perbandingan tersebut, kita bisa mempertimbangkan sebuah keputusan yang mungkin diambil di masa depan.

Penyajian dengan grafik



Dengan menggunakan grafik, tentunya kita bisa melihat hal-hal menarik melalui data time series. Misalnya,jika kita ingin mengetahui nilai minimum distribusi produk pada tahun berapa, atau pada suatu waktu distribusi produk manakah yang paling besar.

Menggunakan penyajian data memang lebih menarik dan membuat pembaca lebih mudah memahami maksud yang ingin kita sampaikan. Selain dengan menggunakan grafik batang, penyajian data juga bisa menggunakan berbagai macam grafik lainya seperti pie chart, line chart dll. Silahkan gunakan kreatifitas kalian untuk menyajkan data semenarik mungkin sehingga orang akan mudah mendapatkan informasidari data yang kita hasilkan.

Semoga bermanfaat



Tags:

0 Responses to “Penyajian Data”

Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks