Friday, March 14, 2014

Syarat Data Yang Baik

Syarat Data Yang Baik
Data yang baik diperlukan  merupakan pondasi dalam setiap pengambilan kebijakan. Agar keputusan yang diambil tersebut tepat sasaran, maka data yang digunakan pun haruslah data yang baik. Namun, bagaimana kita mengatakan bahwa suatu data itu adalah baik ? Nah ini dia syarat data yang baik :

1.       Objektif
Data yang objektif artinya data harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya, harga Rupiah terhadap dollar saat ini yaitu Rp 10.000, nah jangan ditulis Rp 10.500. Hal ini tentu tidak akan menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

2.       Representatif
Data yang diamati harus mampu mewakili objek yang akan kita amati. Contohnya, jika kita ingin melihat kondisi perekonomian suatu kota, maka data yang kita miliki tidak boleh hanya tertuju pada kelompok orang yang mampu saja. Kelompok data yang kita miliki juga harus mencakup kelompok  yang tidak mampu sehingga benar-benar mewakili kondisi yang sebenarnya.

3.       Memiliki Sampling Error yang kecil
Sampling error maksudnya adalah tingkat kesalahan dimana saat data dikumpulkan. Semakin kecil nilai sampling error maka akan semakin baik data yang digunakan. Sampling error terjadi pada data yang diambil dengan menggunakan teknik survey atau hanya mencacah sebagian.
4.       Up to date
Up to date atau data terbaru artinya data yang kita gunakan harus sesuai dengan waktu penelitian yang diinginkan. Misalnya, Kalau kita ingin melihat kondisi perekonomian tahun 2012, hendaknya digunakan data perekonomian tahun 2012 dimana data tersebut merupakan data yang dirilis terbaru.

5.       Relevan
Data yang digunakan harus memiliki keterkaitan dengan objek yang akan kita teliti. Misalnya, jika kita ingin melihat kemajuan ekonomi, maka kit bisa menggunakan data PDB. Atau jika kita ingin melihat gambaran kemiskinan suatu daerah, maka data konsumsi bisa digunakan.

Syarat nomor 1,2 dan 3 disebut juga sebagai syarat data yang reliable (dapat diandalkan) sedangkan syarat 4 dan 5 lebih menunjukkan manfaat atau kegunaan data tersebut. Data yang baik akan mampu menghasilkan keputusan yang baik. Disinilah pentingnya kualitas data agar kedepannya kebijakan yang di ambil tidak salah langkah.




Tags:

0 Responses to “Syarat Data Yang Baik”

Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks