Friday, March 14, 2014

PENGERTIAN DATA

Masih banyak orang di dunia ini yang bingung akan pengertian data. Nah di saya akan rangkum beberapa pengertian data menurut para ahli. Menurut Webster’s New World Dictionary, data merupakan segala sesuatu yang diketahui atau dianggap. Karenanya, data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. Contoh sederhananya,  harga beras di kota A pada bulan januari yaitu Rp 8000 per liter. Namun di kota B, dengan beras jenis yang sama harganya yaitu Rp 10.000. Nah inilah yang dimaksud pengertian data dimana data dapat memberikan gambaran sesuatu yang diketahui.

Sesuatu yang dianggap juga bisa merupakan data walaupun data seperti itu belum tentu benar. Tentunya hal yang masih menjadi anggapan perlu diuji dan dibuktikan terlebih dahulu. Namun kenyataannya hal tersebut masih sering menjadi dasar pengambilan keputusan. Contohnya, karena pemerintah menganggap kenaikan harga pajak tidak akan menaikkan harga barang di pasaran, makan pemerintah akan menaikkan harga pajak. Dan tentu masih banyak contoh lainnya.

Secara bahasa, data merupakan bentuk jamak dari kata datum yang berasal dari bahasa latin. Datum sendiri memilik arti yaitu fakta. Terdapat juga pengertian bahwa data merupakan pernyataan yang diterima sesuai dengan kenyataan (apa adanya). Tentunya definisi yang ini berbeda dengan pengertian yang di atas.
Data juga bisa diartikan sebagai segala bentuk informasi yang belum diolah, sehingga belum memiliki makna yang berarti. Misalnya, data tinggi badan siswa siswi dalam suatu kelas. Disini, kita hanya sekedar memiliki informasi tentang tinggi badan siswa siswi saja, namun belum ada informasi berarti yang kita bisa peroleh. Agar data tersebut bermanfaat, tentunya kita perlu melakukan pengolahan sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat dan berguna.


Jika dikaji lebih mendalam tentang pengertian data, tentunya kita akan menemukan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini bisa dikategorikan sebagai data. Misalnya, tinggi badan, berat badan, jumlah anak, volume gelas, rasa takut, rasa senang dan yang lainnya. Tentunya hal tersebut bisa dikategorikan menjadi data apabila relevan dengan kondisi yang kita butuhkan. Data bisa mencakup informasi, petunjuk, bukti,keterangan, pernyataan dan lain-lain.


Tags:

0 Responses to “PENGERTIAN DATA”

Post a Comment

Carousel

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

Designed by SpicyTricks